Selasa, 23 Juni 2009

Kumpul Kebo

Meski cuaca mendung, awan hitam sudah nggandul, tanda hujan mau turun, aku putuskan untuk pulang ke rumah di Sengkuang, biasanya kalau ke Batu Aji saya lebih senang lewat Tiban, trus simpang sg Harapan, lewat jln R suprapto bablas batu aji, kayaknya lebih cepat dari pada lewat Muka Kuning,sampai di Bukit Mata kucing, tiba2 mak bresss, udan deres... wah wah gawat, gak bw mantol lg, terpaksa aku ngeyup ndepis di gapura masuk bukit mata kucing. satu persatu pengendara motor nunut ngeyup, ada juga yang bablas jalan terus, mungkin wes kadung kleprih, jadi dari pada malah meng kademen, mendingan jalan terus. Sambil nunggu hujan reda kunyalakan sebatang rokok, klepas klepus pandanganku tertuju pada "kebo" kesayanganku, ya.. motor GL pro 97 yang ada di bawah pohon, wes men kudanan... wong pancen jarang mandi, ya kadang2 wae nek pas gek bolong, tak cuci ke doorsmeer itu aja gak mesti tiap bulan sekali. Pikiranku menerawang jauh, teringat bagaimana dulu dengan susah payah mendapatkannya, kukumpulkan rupiah demi rupiah berbulan bulan hingga aku bisa memilikinya, itupun gak di beli cash. tak bayar 4 jt, sisane tak cicil, ( makasih ya Mas Bedoyo, karena sudah nulungi saya). Rasanya begitu trenyuh melihat "keboku" dibiarkan kudanan.


Masih ingat waktu dulu nganter mendiang istri ke rumah sakit, meski kondisinya sudah lemah, tetapi istriku bersikeras gak mau naik mobil, emoh mas.. numpak kebo wae.. katanya ( yo nduwene pancen meng kui, mobil jg gak ada) tak keplekke langsung ke Rs Otorita Batam di Sekupang, meski saat itu kondisinya udah lemes banget, trus langsung njujuk emergensi, perawate nganti gedhek2 ( dalam hati mungkin kok tegele ditumpakke motor). akhirnya 5 hari juga nginep di emergency, sebelum pindah ke rawat inap biasa.


Waktu pagi mau nganter anakku sekolah, ndilalah tangine kerinan, anakku njegadul mrengut takut keri le sekolah, pas di simpang Bengkong Garama antrian mobil sedemikian panjangnya, macet... cet, pelan tapi pasti, nylempit sana sini, medun jalan aspal, nggremet alon2, akhirnya lepas juga antrian panjang, sampai di sekolah sambil nampani sangune jajan, anakku bilang, UNTUNG KITA GAK PUNYA MOBIL YA PAK..., Cocok le....


Waktu tak parkir di depan warung di Pelita, ada yang tanya, mas ini motor siapa? motor saya, gimana to, jawabku balik bertanya, kalau tukaran sama mobilku boleh ndak, katanya. Wah sampean rasah guyon mas.. ( saya tau dia orang Boyolali), motorku combet kok mas.., Tenan mas aku serius.. dia meyakinkan,tak tukar mobilku Corolla 86 piye? wah ora kok mas... aku seneng karo motorku iki, wes akeh jasane... tenan. ora arep tak dol he he jawabku. ( Ini bukan omong kosong, memang betul betul terjadi, wani sumpah pocong..)


Pernah kehabisan bensin di jalan R Suprapto, bulak antarane Sg Harapan - Bt aji, neng alas gung liwang liwung, tak parkir neng pinggir dalan aku cakruk neng ngisor uwit, karo ngrokok, sambil berpikir gimana caranya dapatkan bensin, ada anak kecil nyeda'i, om kehabisan bensin ya? katanya. aku belikan ya om, trus tak gawani duwit 20rb, anak itu mak klepat mangkat numpak pit onthel, bayangkan beli bensin naik pit onthel ke pom bensin di simpang marina itu, wah dleweran kringete mesti, setengah jam kemudian anak tersebut kembali sambil membawa bensin ukuran botol aqua tanggung, alhahdulillah slamet aku, gumamku. Ra mentolo ndelok kringete le dleweran, tak wenehi duit 30rb meneh, mesakke. (Makanya hati2 naik motor combet! nek ra waspodo malah nombok), 1 btl aqua tanggung harganya 50rb, yo idep2 karo shodaqoh gt. Perjalanan tak lanjut sampai di pom bensin tangki tak isi full tank.


Terkadang kita tidak menyadari, ada benda2 berharga disisi kita yang sedemikian besar jasanya, kesetiaannya tidak diragukan lagi, siap membantu setiap saat, always ready in used, jauh melebihi kesetiaan pasangan kita, tidak pernah ngomel, gak pernah menuntut, selalu siap sedia, sehingga tidak ada salahnya kalau kita mulai membangun kecerdasan emosional, hingga tercipta rasa belas kasih, (eman-eman), yang pada akhirnya akan terjadi hubungan emosional, sebagaimana kesetiaaan dan rasa kasih sayang kita pada orang orang yang kita cintai. (fm)

1 komentar:

  1. Mas... nanti kalau udah beli mobil, kebone tak ingune wae yo....men aku sing ngaretke he he... piye? boleh ndak? Dulkamdi Semarang

    BalasHapus