Jumat, 26 Juni 2009

Belajar Kepada Mas Karjo


Piye Mas Karjo...? laris to jualane...? Nggih Alhamdulillah mas... lumayan.Pertanyaan klise, sederhana, atau hanya sekedar basa basi, meski jawabnya selalu begitu dan begitu.. terus. Tapi sungguh saya sangat senang mendengarnya. Sudah lama saya mengenal Mas Karjo, karena dia kost dekat rumah, setiap hari jualan siomay naik sepeda onthel,berangkat dari Melchem, njajah deso milang kori, muter muter mulai Bengkong Bengkel, Bengkong Garama,munggah tanjakan Bukit Senyum, Seraya atas, seraya Bawah.. wes pokok' nganti limit dalane, kabeh diliwati, karena memang itu routenya tiap hari.

Pernah tak usulkan sama Mas Karjo, agar mengganti sepeda onthelnya dengan sepeda motor, biar gak kringete dleweran nek ketemu tanjakan, dan biar mobilitasnya lebih cepat, karo ben gak gedisik'an langgannane karo konco liyane sing pake motor, dia punya argumen lain, Nganu mas...numpak pit malah sehat je..., rasah tuku bensin, rasah servis, rumiyin pernah tak etung, penghasilane mboten bedo adoh mas, resikone nggih luwih cilik...meng nggih terus terang kalah penampilan mawon mas...okeylah Mas Karjo... saya menghargai pendapat sampean.

Suatu ketika Masa Karjo pernah padudon sama kangmase,kebetulan kedua adik beradik ini sama profesinya, sama kostnya, podo dene kabeh numpak pit onthel. Wah wah nopo to mas, karo sedulur ki mbok sing rukun! kataku. Mosok to mas, wong ar tuku Hp wae kok kudu sing anyar, njaluk'e sing anyar gress ono kotak'e,tak kon tuku sing seken kok malah nesu..., yo mbok ngrumangsani ngono...meng samarku nek ilang... padahal regane 2 juta delapan ratus ribu lho mas...,( kalau gak salah HP NOKIA N70 keluaran terbaru) lak nggih gelo banget nek ilang to mas..? Kangmase nyerocos..ora gathuk karo penemune adhine, trus pripun niki mas..? Aku diam, Saiki umpomo beli baru tetapi harganya jangan yang semahal itu piye Mas Jo? aku coba nengah-nengahi,Mas Karjo nyedak'i aku sambil ngomong lirih, Rencana kan bodo sesuk niku kulo ajeng wangsul mas, ajeng kulo paringke bojo kulo, mosok nguwei bojo kok milih sing seken, arane seko Batam, kulon lak isin to mas..? wah wah... apik Mas Karjo... nek sing iku aku setuju, memberi yang terbaik untuk orang yang kita sayangi... cocok Mas Jo... cocok.

Baiklah, kita coba kembali ke alinea pertama, memang sudah seharusnya untuk selalu mensyukuri nikmat yang telah diberikan Alloh kepada kita, ingatkan... ketika dulu kita datang ke Batam, kita cuma bawa tas, isi pakaian seadanya
Bismillah, madhep mantep ( ora melu moro tuo lho...),ayo... deleng eleng... isih kelingan kan? Lafaz Bismillahirrohmanirrohiem sungguh mempunyai kekuatan yang maha dahsyat, hingga bisa merubah keadaan seperti yang sekarang ini, Selanjutnya Alhamdulillahi Robbil Alamin adalah pengejawantahan dari rasa syukur efek dari dahsyatnya lafaz Bismillahirrohmanirrohiem, Mas Karjo selalu menjawab Alhamdulillah, ketika ditanya penghasilannya,dia tidak menjawab nilai nominal, itulah yang disebut dengan syukur..

Kehidupan adalah sangat subyektif, wang sinawang, tidak ada yang ideal, Rasane ra mentolo nyawang Mas Karjo megal megol bokonge, midak pedal apalagi pas tanjakan Bengkong Garama, gek mlaku wae kesel, apalagi nuntun pit onthel, tambah beban bekakas dodolane, wah.. sak jagung-jagung tenan..kringete, tetapi Mas Karjo tidak merasakan itu semua, rasanya nyaman-nyaman saja. Tidak ada yang salah dalam kehidupan, selagi semua masih dalam koridor rule of law, tidak merugikan dan dirugikan.ya di jalani saja......!

Sedemikian besar cintanya Shah Jehan kepada Mumtaz Mahal, maka dibangunkanlah Istana Taj Mahal sebagai apresiasi dari rasa cintanya, Bangunan agun nan fonemenal hingga saat ini, Terlepas dari kebiadaban ken Arok membunuh Empu Gandring, dan membunuh tuannya Tunggul Ametung,adalah karena kehebatan pesona dan magnit aura diajeng Ken Dedes yang membutakan mata hati PakDe Ken Arok sehingga sampai nubras-nubras segala macam cara untuk bisa memiliki (ngeloni) diajeng Ken Dedes.Direwangi padu karo neng-nengan ambek sedulure dewe, karena betapa Mas Karjo sangat mencintai istrinya, meski di Batam ini cewek akeh tumplek blek ayu-ayu, tapi Mas Karjo tetep ra kegut, ora kodal nggih Mas Karjo.... Bravo Mas Karjo. (fm)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar